Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Metode bermainĀ peran dan konsep diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengambilan data dilakukan melalui observasi pribadi. Penelitian ini menggambarkan pengalaman dan strategi yang digunakan oleh peneliti dalam menghadapi tantangan mengembangkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa inggris dengan menggunakan metode bermain peran pada di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan model pembelajaran bermain peran, peningkatan hasil, dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran bermain peran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas Melalui eksplorasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa langkah model pembelajaran bermain peran yang harus ditempuh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris, penerapan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan Bahasa inggris, dan siswa memberikan respons positif terkait penerapan model pembelajaran bermain peran.