Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama (SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2023/2024)
Authors
Cahyo Hari Agung
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Rahmita Nurul Muthmainnah
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan proses pelaksanaan kemampuan motorik kasar melalui Kegiatan Senam Irama pada siswa/siswi kelas XII Bahasa SMA Muhammadiyah Wonosobo tahun ajaran 2023/2024; 2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan senam irama pada siswa/siswi kelas XII Bahasa SMA Muhammadiyah Wonosobo tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa/siswi kelas XII Bahasa SMA Muhammadiyah Wonosobo yang berjumlah 20 orang, 8 orang perempuan, dan 12 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% atau 16 anak dari 20 anak memiliki kemampuan motorik kasar dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan kegiatan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa/siswi kelas XII Bahasa SMA Muhammadiyah Wonosobo meliputi : a) gerak lengan; b) gerak kaki; c) kombinasi gerakan lengan dan kaki; 2) kegiatan senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa/siswi