Upaya Melatih Teknik Dasar Tolak Peluru untuk Meningkatkat Kemampuan Lemparan Siswa SMK Mutu Muhamadiyah 01 Wonosobo

Yazid Rizki, Doby Putro Parlindungan

Abstract


Tolak peluru merupakan cabang olahraga atletik yang menguji kekuatan, kecepatan, koordinasi, dan teknik..Tolak peluru atau shot put bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga yang bertujuan untuk melemparkan bola logam sejauh mungkin. Hanya saja, olahraga tolak peluru tidak benar-benar melakukan gerakan melempar. Maka dari itu, tolak peluru sangat berbeda dengan cabang olahraga atletik lempar lainnya. Tolak peluru merupakan suatu cabang olahraga yang melakukan suatu tolakan dengan menggunakan tenaga semaksimal mungkin untuk mendapatkan jarak tolakan yang jauh. Dengan mengandalkan gerakan tolakan atau dorongan terhadap bola logam dengan bobot tertentu. Selain itu, gerakan tolak peluru hanya boleh menggunakan kekuatan dari salah satu tangan saja. Penilaian pada tolak peluru berdasarkan jarak antara pelempar dengan bola atau pelurunya. Semakin jauh peluru atau bola logam yang dilempar, maka poin yang diperoleh semakin besar. Maka sangat penting siswa SMK mutu muhammdiyah wonosobo belajar teknik dasar tolak peluru ini agar bisa memperbaiki lemparan, kekuatan, tenik dan lainnya.  

Full Text:

PDF

References


Chelini, M. F. (2018). Biomechanical analysis of the shot put: a review. . Journal of sports sciences, 36(12), 1426-1437.

Chu, D. A. (2009). Sports medicine and arthroscopy review. Shot put, 17(2), 117-122.

Côté, J. B. (2007). From the locker room to the boardroom. A model of sport participation for life. Quest,, 59(4), 417-437.

Georgoulis, H. &. (2010). melatih Kekuatan otot tungkai dan batang tubuh, serta kecepatan gerakan kaki, pinggul, dan lengan, merupakan faktor kunci yang menentukan eksplosivitas tolakan dan jarak yang dihasilkan. https://makalaholahragasehat.blogspot.com/2016/08/makalahtolakpeluru.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ