Tingkat Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Atletik Nomor Lari Sambung XI SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo

Doby Putro Parlindungan, Arif Sukmawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran olahraga khususnya pada materi pembelajaran atletik lari sambung, tentunya memiliki maksud dan tujuan yang ingin diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran atletik nomor lari sambung kelas XI SMK Muhammadiyah 1 wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena digunakan untuk mengolah data berupa angka-angka dari populasi atau sampel yang ada untuk sampai pada kesimpulan penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup yang terdiri dari tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 wonosobo yang berjumlah 327 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang dihitung melalui rumus untuk pengambilan sampel penelitian. Sampel adalah sebagian dari populasi yang ada dalam penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran atletik nomor lari cepat di kelas XI SMK Muhammadiyah 1 wonosobo dengan jumlah sampel sebanyak 119 siswa dan persentase keseluruhan (36,25%) dari data faktor dan indikator yang telah dijelaskan di atas, bahwa tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran lari cepat pembelajaran atletik nomor lari cepat kelas XI SMK muhammadiyah 1 wonodobo dapat dikategorikan “Cukup”


Full Text:

PDF

References


R. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di Sman 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 104–109.Himalaya, F., Dimyati, A., & Achmad, I.

Z. (2020). Tingkat Pemahaman Siswa Pada Atletik Nomor Lari Kelas Xi Smk Insan Sempurna Pendidikan Karawang. 19–26.

Alvionsya, F. M., Juwita, J., & Aprinsyah, D. (2022). Lari Sambung Penerapan Metode Permainan Lari Sambung Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Penjas Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Bengkulu. Educative Sportive, 3(1), 39-43.

Sularmi, S. (2014). penerapan metodepermainanlari sambung mata pelajaran penjaskes untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 2 a sdn tanggul kulon 03 jember. Pancaran Pendidikan, 3(3), 157-166.

Furkon, F., Resita, C., & Purnamaningsih, I. R. (2021). Tingkat Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Atletik Nomor Lari Jarak Pendek Kelas X SMA Negeri 1 Sukatani. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 282-291.

Anggraeni, C. S., & Nurwansyah, R. (2021). Tingkat Pengetahuan Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XII. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 680-690.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ