Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Bermain Melempar Bola

Ahmad Zahdam Bashfahan, Hastri Rosiyanti, Bachtiar Bachtiar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bermain melempar bola untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli pada siswa Kelas VIII SMP 3 Muhammadiyah Cipetir. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII, berjumlah 20 siswa. Data hasil pembelajaran bola voli diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran bola voli dengan metode melempar bola. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan penilaian tiga aspek yaitu psikomotor, afektif, dan kognitif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus I ke siklus II. Hasil penilaian, pada siklus I 58,62% dalam kategori tuntas jumlah siswa yang tuntas adalah 15 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan siswa dalam kategori tuntas sebesar 82,76% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa. Simpulan, bermain melempar bola dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli.


Full Text:

PDF

References


Harsono, M. S., & Drs, M. S. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi: Jakarta.

Inarman, I., Hartanto, H., & Tono, S. (2013). Meningkatkan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Meningkatkan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Latihan Lempar Tangkap Bola Pada Siswa Kelas V SD Negeri 98 Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu).

Lestari. (2015). Upaya Peningkatan Pembelajaran Servis Bawah Melalui Pendekatan Bermain Melempar Dalam Permainan Bolavoli Mini Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalrandu Kabupaten Magelang. UNY

Paneo, R. P. (2014). Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Metode Berpasangan Siswa Kelas Iv Sdn I Hunggaluwa-Limboto (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Gorontalo).

Sovensi, E. (2018). Ketepatan Smash Pemain Bolavoli Siswa SMA Ditinjau dari Koordinasi Mata-Tangan dan Extensi Togok. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 2(1), 129-139.

Supriyanto, S. (2018). Pengaruh Metode Latihan Plyometric dan Latihan Beban dengan Kecepatan Reaksi terhadap Power Otot Tungkai Pemain Bolavoli Putra. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO),2(1),176-189.

Wijatmiko, A. (2012). Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Melalui Pendekatan Bermain Melempar Bola Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Kebokura Kecamatan Sumpiuh Kabupaten


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ