Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari melalui Pendekatan Bermain Sprint di SMA Muhammadiyah Ponjong Tahun 2024
Authors
Dwimas Prasetyo
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Mahbubul Wathoni
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lari sprint.Tempat penelitian, di SMA Muhammdiyah Ponjong tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian menggunakan pendekatan PTK. Instrumen penelitian adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar lari sprınt. Hasil observasi hanya mencapai 63,68 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I yaitu 20 orang siswa (57,14%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 15 orang siswa (42,85%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 74,04 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II yaitu 31 orang siswa (88,57%) sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (11,42%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh mencapai 83,33 (Tuntas). Hasil analisis dikatakan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint.