Kurangnya Minat Siswa Terhadap Permainan Bola Voli di SMA Muhammadiyah Wonosobo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan proses pelaksanaan kemampuan motorik kasar melalui Kegiatan permainan bola voli siswa/siswi kelas XII-2 SMA Muhammadiyah Wonosobo tahun ajaran 2023/2024; 2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan permainan bola voli pada siswa/siswi kelas XII-2 SMA Muhammadiyah Wonosobo tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model service dan passing yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa/siswi kelas XII-2 Bahasa SMA Muhammadiyah Wonosobo yang berjumlah 30 orang, 7 orang laki-laki, dan 23 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% atau 24 anak dari 30 anak memiliki kemampuan motorik kasar dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan kegiatan dalam permainan bola voli meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa/siswi kelas XII-2 SMA Muhammadiyah Wonosobo meliputi : a) gerak lengan; b) gerak kaki; c) kombinasi gerakan lengan dan kaki; 2) kegiatan permainan bola voli dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa/siswi.
Full Text:
PDFReferences
Aip Syarifuddin dan Muhadi, (1993), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud
Bambang Sujiono, dkk. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Chaplin, (1997), Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka
Elizabeth B. Hurlock, (1978), Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Kamtini, (2005), Bermain melalui Gerak dan Lagu. Jakarta: Depdikbud
Mardiana, Purwadi dan Wira Indra Satya, (2010), Materi Pendidikan Jasmani dan Ade Olahraga. Jakarta: Universitas Terbuka
Muhajir, (2017), Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Indonesia: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan.
Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Reneka Cipta
Suharsimi Arikunto, (2010), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sumantri, (2005), Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Remaja. Jakarta: Depdiknas
Woerjati Sk, dkk, (Tanpa Tahun), Buku Mata kuliah Senam Irama, Yogyakarta, Program Studi PJKR UNY
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.