Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Pamulang

Imam Baihaqi, Ahmad Fadly

Abstract


Pembelajaran yang efektif memerlukan integrasi teknologi yang cermat dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa di era digital ini. Dalam konteks tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi penggunaan Canva, platform desain grafis online yang populer dan mudah digunakan, sebagai media interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan campuran, yaitu gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, untuk mengumpulkan data komprehensif dari siswa yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan Canva sebagai media desain. Metode penelitian ini meliputi survei terstruktur untuk mengukur persepsi dan pengalaman siswa dalam menggunakan Canva, serta observasi langsung untuk melihat interaksi mereka dengan platform. Melalui penggunaan Canva diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan desain grafis sekaligus terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Studi ini meneliti dampak penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran desain grafis di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang pada siswa kelas 7. Survei menunjukkan 80% responden mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan menggunakan Canva untuk mengatur media pembelajaran, meningkatkan kepercayaan diri dan kreativitas dalam menciptakan materi yang menarik dan informatif. Observasi langsung menunjukkan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep desain visual, dengan penerapan prinsip tata letak yang baik, penggunaan warna yang tepat, dan integrasi multimedia yang lebih baik dalam karya mereka. Penggunaan Canva juga meningkatkan keterlibatan siswa melalui praktik dan diskusi kelompok, mendorong partisipasi aktif dan kolaborasi yang efektif. Hasilnya adalah produksi media pembelajaran berkualitas yang mencerminkan penerapan konsep desain sesuai dengan kebutuhan siswa, serta menunjukkan minat yang lebih besar dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ