Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunungkidul

Aditya Pandhu Wicaksono, Muhammad Sofian Hadi

Abstract


Jasmani dalam sebutan bahasa Inggris ialah physical, dalam ilmu faal, jasmani  didefinisikan sebagai struktur biologik pada manusia. Belajar dalam idealisme memiliki makna yaitu kegiatan psiko-fisik sosio menuju keperkembangan pribadi seutuhnya. Pada zaman sekarang, teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat sehingga menjadi semakin canggih dan juga pintar. Penggunaan media sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan melalui media dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan instrumen menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 10.2%, tinggi sebesar 19.1%, sedang sebesar 41.9%, rendah sebesar 23.7%, dan sangat rendah 5.1%.


Full Text:

PDF

References


Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Belakang, A. L. (2003). Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ) maka dunia pendidikan juga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan menyatakan bahwa portofolio dapat disandingkan dengan penilaian dan juga dengan pembelajaran . Sebagai suatu inovasi , pembelajaran dengan memanfaatkan portofolio dilandasi oleh beberapa pandangan antara lain pemikiran sebagai.

Junaedi, A. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Mustafa, P. S. (2022). Harapan dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Era Metaverse. Teknologi Metaverse Dalam Ilmu Keolahragaan, September, 67–74. https://doi.org/10.31219/osf.io/z6meq

Pahliwandari, r. (2019). Perbandingan Sistem Penjas Dan Olahraga: Indonesia Dan Australia. In Indonesian Education, Management …. https://lms.syam-ok.unm.ac.id/pluginfile.php/254400/mod_resource/content/1/188611893 %281%29.pdf

Turrohmah, M. (2017). Hubungan Kompetensi Profesional Guru Qur’an Hadist dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Nurul Ulum Tulungagung Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Skripsi, 1, 10. https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/

Tyas, I. R. W., & Arsanti, M. (2022). Aktualisasi pendidikan karakter di sekolah dengan mengimplementasikan profil pelajar pancasila. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung, 4(November), 134–138. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27287

Winarno. (2006). Perspektif Pendidikan Jasmani dan Olahraga. http://fik.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/buku-4.pdf#page=7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ