Upaya Peningkatan Pemrograman Pembelajaran Berbasis Game dengan Scratch pada Peserta Didik SMP Dharma Karya UT
Abstract
Pembelajaran coding telah menjadi fokus penting dalam kurikulum modern. Cara yang menjanjikan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pemrograman adalah pembelajaran berbasis permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya siswa Sekolah Menengah Dharma Karya UT dalam meningkatkan pembelajaran pemrograman menggunakan platform Scratch. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimental, kami akan membandingkan pembelajaran tradisional dan pembelajaran berbasis permainan menggunakan Scratch. Data akan dianalisis untuk menilai keberhasilan siswa dalam pemahaman konsep dan minat belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai keefektifan pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan keterampilan pemrograman dan minat belajar siswa pada tingkat sekolah menengah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.