Upaya Peningkatan Pemrograman Pembelajaran Berbasis Game dengan Scratch pada Peserta Didik SMP Dharma Karya UT

Dzaky Naufal Abiyyu, Yasin Efendi

Abstract


Pembelajaran coding telah menjadi fokus penting dalam kurikulum modern. Cara yang menjanjikan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pemrograman adalah pembelajaran berbasis permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya siswa Sekolah Menengah Dharma Karya UT dalam meningkatkan pembelajaran pemrograman  menggunakan platform Scratch. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimental, kami akan membandingkan pembelajaran tradisional dan pembelajaran berbasis permainan menggunakan Scratch. Data akan dianalisis untuk menilai keberhasilan siswa dalam pemahaman konsep dan minat belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai keefektifan pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan keterampilan pemrograman dan minat belajar siswa pada tingkat sekolah menengah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ