Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Penguasaan Materi Pronounciation melalui Praktik Sing A Song bagi Siswa Kelas XI SMAS Dwi Putra, Kota Tangerang Selatan, Banten

Fadhly Ramadhan, Hastri Rosiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana pemahaman bahasa Inggris dan penguasaan materi pronounciation melalui praktik Sing a Song bagi siswa kelas XI SMAS DWI PUTRA, Kota Tangerang Selatan, Banten. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui pengamatan langsung (observasi) langsung di  SMAS DWI PUTRA, Kota Tangerang Selatan, Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa inggris tidak hanya dilihat dari tulisan, akan tetapi juga dapat dilihat dari vokal. Praktik Sing a song terbukti meningkatkan pemahaman siswa tentang pelafalan bahasa Inggris dan Meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berkomunikasi. Dengan berlatih menyanyikan lagu, siswa dapat meningkatkan pengucapan kata-kata bahasa Inggris dengan lebih akurat dan alami. Sehingga dapat membantu siswa untuk lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris karena mereka merasa lebih nyaman dengan pengucapan mereka. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar semua guru yang terlibat dalam pembelajaran ini dapat memberikan banyak pujian dan penghargaan kepada siswa yang berani berpartisipasi dan menunjukkan usaha yang baik dan tidak lupa untuk memberikan umpan balik yang konstruktif tentang pengucapan dan intonasi siswa. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang cara-cara baru untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris terhadap siswa.


Full Text:

PDF

References


Meni, N. (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Kosakata Bahasa Inggris dalam Hal Penulisan Kata yang Tepat Pada Materi Food and Drinks melalui Metode Running Dictation Game Siswa Kelas Vii. 9 Smp Negeri 9 Batam. Journal of Development Education and Learning (JODEL), 2(1), 106-108.

Latief, Mohamad Adnan. Theoritical views in The Teaching of English to Young Learners. 1993. Seminar HMJ Pendidikan Bahasa Inggris ; Malang. IKIP Malang.

Endahati, N., & Hum, S. P. M. (N.D.). Peningkatan Kemampuan Pronunciation Mahasiswa Kelas A1 Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Upy Ta 2013/2014 Melalui Pendekatan Audiolingual. 8.

Gilakjani, A. P. (2016). English Pronunciation Instruction: A Literature Review. International Journal Of Research In English Education, 1(1), 6.

Mulatsih, D. (2018). Pronunciation Ability By Using English Song In Indonesian Student Of Unswagati Cirebon. Academic Journal Perspective : Education, Language, And Literature, 2(2), 294. Https://Doi.Org/10.33603/Perspective.V2i2.1665

Celce-Murcia, M., Brinton, D. M., & Goodwin, J. M. (2010). Teaching pronunciation hardback with audio CDs (2): A course book and reference guide. Cambridge University Press.

Whalen, D. H., DiCanio, C., & Dockum, R. (2022). Phonetic documentation in three collections: Topics and evolution. Journal of the International Phonetic Association, 52(1), 95-121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ