Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Menggunakan Materi Describing People pada Siswa Kelas VII SMP Lab School FIP UMJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan materi describing people dalam meningkatkan kemampuan vocabulary siswa kelas VII di SMP Lab School FIP UMJ. Kurikulum pendidikan di Indonesia menekankan empat keterampilan utama dalam pembelajaran Bahasa Inggris, termasuk mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Namun, pengembangan vocabulary sering terabaikan, padahal hal ini merupakan fondasi penting dalam komunikasi Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, metode pengajaran menggunakan materi describing people diterapkan untuk membantu siswa memperluas kosakata mereka dalam konteks yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dilaksanakan pada periode PLP Terintegrasi KKN dari 25 Januari hingga 31 Mei di SMP Lab School FIP UMJ dengan 29 siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan materi describing people secara signifikan meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Observasi selama penelitian mengindikasikan peningkatan penggunaan kosakata yang relevan saat siswa mendeskripsikan orang, serta keterlibatan aktif dan antusias dalam pembelajaran. Temuan ini mendukung teori bahwa pemahaman vocabulary yang luas memfasilitasi komunikasi yang lebih efektif dalam Bahasa Inggris.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Menggunakan Vocabulary Self-Collection Strategy. Journal of Education Action Research, 2(2), 172–179.
Buasim. (2008). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 4–10. https://doi.org/10.21009/PIP.171.1
Hartatiningsih, D. (2022). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Wordwall Siswa Kelas VII MTs. Guppi Kresnomulyo. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 303–312.
Hidayati, S., Muniriyanto, & Riwanto, M. (2019). Penerapan Media Flash card untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Kelas V SDN Randegan-Banyumas. Jurnal PANCAR, 3(1), 258–263.
Indrawati, N. (2016). Meningkatkan Pengusaan Kosakata Siswa Kelas VII B SMP Melalui Teknik Permainan Nani. LingTera, 3(2), 152–163. http://dx.doi.org/10.21831/lt.v3i2.11113
Lestari, Y., Suyanto, I., & Suryandari, K. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Word Square dalam Peningkatan Motivasi dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VI SD. FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret, IV(3), 1–7.
Nurhayati, I. (2018). Peningkatan Penguasaan Vocabulary Teks Deskriptif melalui Pendekatan Scientific dengan Model Guide Inquiry pada Siswa SMPN 1 Besuki. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 70–79. http://dx.doi.org/10.28926/briliant .v3i1.142
Prasetiyo, P., Susanti, A., & Suwinarni. (2021). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Game : Car Race. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 1500–1504.
Setiowati. (2022). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Descriptive Text Melalui Media Buatan Mini Dictionary. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 7(2), 98–109.
Silaen, R., Seventiana, I., Purba, C., Simbolon, D., Sianturi, M., Tobing, S., Herman, Gultom, B., & Simamora, B. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Descriptive. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), 94–105. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.977
Wijaya, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa pada Materi Describing People dengan Menggunakan Media Spinning Wheels di Kelas VII SMPN 2 Kasui. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 274–281. https://doi.org/10.57251/tem.v2i2.1263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.