Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP Labschool FIP UMJ pada Materi Describing People dengan Menggunakan Media Kreatif

Azizatun Badriyah, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam pengembangan keterampilan berbicara, melalui pendekatan yang inovatif dan berbasis bukti. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester 6 tahun ajaran 2024. Subjek penelitian adalah peserta didik sekolah menengah pertama kelas 7 sebanyak 29 peserta didik. Sumber data terdiri dari sumber data primer. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berbicara Bahasa Inggris lebih meningkat menggunakan materi Describing People melalui media kreatif. Hasil tes menunjukkan peningkatan skor rata-rata kemampuan berbicara peserta didik setelah menggunakan media kreatif tersebut dibandingkan dengan sebelum penggunaannya.


Full Text:

PDF

References


Atmowardoyo, H., & Sakkir, G. (2023). Belajar Bahasa Inggris: Penyesuaian Model Pembelajaran dalam Perubahan Kurikulum. Penerbit P4I.

Baqi, F. A., dkk. (2023). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Audio Visual Content. Mega Press Nusantara.

Brown, H. D. (2007). Teaching by principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Pearson Longman.

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching. Pearson Longman.

Kunah, M. P. (2021). Metode pandai berbicara bahasa Inggris dengan pendekatan penguasaan tata bahasa (grammar) dan motivasi belajar. Penerbit Adab.

Nunan, D. (2004). Task-Based Language Teaching. Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge University Press.

Tomlinson, B. (2011). Materials development in language teaching. Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ