Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris untuk Peserta Didik Kelas VII Sekolah SMP Labschool FIP UMJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis kendala-kendala yang dihadapi oleh peserta didik kelas VII SMP Labschool FIP UMJ dalam belajar bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala belajar peserta didik kelas VII SMP Labschool FIP UMJ dalam belajar bahasa Inggris dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa kurang motivasi dan kesulitan berkosentrasi, sedangkan faktor eksternal berupa faktor lingkungan sosial, dan situasi sekolah yang menyenangkan untuk belajar. Menggunakan metode penggunaan media visual, Problem Based Learning (PBL), penggunaan aplikasi edukasi, dan pembelajaran kolaboratif dapat membantu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris di SMP Labschool FIP UMJ.
Full Text:
PDFReferences
Aslamiah, S. (2020). Kesulitan belajar bahasa inggris dalam perspektif pendidikan. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(2), 134-146. https://doi.org/10.37567/prymerly.v3i2.325
Husni, R., & Saputri, E. N. (2023). Kesulitan siswa SMP dalam pembelajaran bahasa Inggris. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 8046-8052. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2304
Maulana, H., & Aliska, M. A. (2018). Pembangunan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII (Studi Kasus SMP XYZ). Majalah Ilmiah Unikom, 16(2), 145-154. https://doi.org/10.34010/miu.v16i2.1357
Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 147-156. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246
Muliana, I. N. (2020). Mengatasi kesulitan dalam berbahasa inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 56-63.http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2659. 56-63
Nurjanah, S. (2022). Penerapan Discovery Learning dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa materi descriptive text kelas VII SMP Negeri 7 Tambusai Rokan Hulu. Journal of Innovative and Creativity (Joecy), 2(2), 30-36. https://doi.org/10.31004/joecy.v2i2.42
Purwanti, D. (2016). Efektivitas Penerapan model Induktif Kata bergambar berbantuan media Flash-card terhadap peningkatan keterampilan menulis bahasa Inggris (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). https://repository.upi.edu/27048/
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.