Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Bahasa Inggris untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah SMP Labschool FIP UMJ
Malikasyah Rachman, Zaitun Zaitun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik kelas VIII dalam pelajaran Bahasa Inggris di SMP Labschool FIP UMJ. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini dilaksanakan selama Pelatihan Lapangan Penelitian (PLP) Terintegrasi KKN dari 25 Januari 2024 hingga 31 Mei 2024. Sebanyak 24 peserta didik dari kelas VIII yang diajarkan oleh peneliti berpartisipasi sebagai sampel dalam penelitian ini.. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan kuesioner yang didistribusikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dihadapi peserta didik dalam belajar Bahasa Inggris mencakup beberapa aspek penting. Pertama, pemahaman tata bahasa merupakan salah satu tantangan terbesar. Banyak peserta didik merasa kesulitan dalam memahami aturan tata bahasa Inggris yang kompleks dan berbeda dari bahasa Indonesia. Kedua, keterampilan mendengarkan menjadi kendala yang signifikan. Peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memahami percakapan dalam bahasa Inggris, terutama jika percakapan berlangsung dengan kecepatan normal dan menggunakan berbagai aksen yang berbeda. Ketiga, penggunaan kosakata yang terbatas juga menjadi masalah utama. Keterbatasan kosakata membuat peserta didik sulit untuk mengekspresikan ide mereka dengan tepat dan memahami teks bacaan yang kompleks
References
Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam pengucapan bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461-467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817
Munibi, A. Z. (2023). Pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 691-698. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4732.
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan pembelajaran kosakata bahasa Inggris tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 346-351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818.
Sujatmika, S. (2016). Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar dan kemandirian. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v2i1.494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.