Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang
Abstract
Bahasa Inggris memiliki peran krusial sebagai bahasa internasional dalam komunikasi global, akses pendidikan, dan peluang kerja. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep bahasa Inggris secara mendalam, termasuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep bahasa Inggris pada siswa. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas, yang melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep bahasa Inggris setelah penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan ini meliputi kualitas konten media, interaksi siswa dengan media, dan dukungan guru. Media pembelajaran berbasis teknologi terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Implikasi penelitian ini adalah bahwa integrasi media pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bahasa Inggris di tingkat SMP.References
Anderson, M., & Smith, J. (2018). The Impact of Technology on Language Learning: A Meta-Analysis of Research Findings. Educational Psychology Review, 26(2), 245-265.
Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Education. Diakses dari https://smartlib.umri.ac.id/assets/uploads/files/af2ff-language-teaching-principles-1-.pdf
Crystal, D. (2012). English as a Global Language. Cambridge University Press. https://www.culturaldiplomacy.org/academy/pdf/research/books/nation_branding/English_As_A_Global_Language_-_David_Crystal.pdf
Graham, C. R. (2014). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. In Handbook of Blended Learning.
Hattie, J. (2012). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Routledge. https://www.routledge.com/Visible-Learning-for-Teachers-Maximizing-Impact-on-Learning/Hattie/p/book/9780415690157
Higgins, S., et al. (2012). "The impact of digital technology on learning: A summary for the Education Endowment Foundation." Education Endowment Foundation. https://eric.ed.gov/?id=ED612174
Jones, B., & Brown, C. (2019). Enhancing English Language Learning through Technology: A Review of Current Practices. International Journal of Educational Technology, 8(3), 112-128.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). "What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?" Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60-70.
Laurillard, D. (2012). Teaching as a Design Science: Building Pedagogical Patterns for Learning and Technology. Routledge. https://www.routledge.com/Teaching-as-a-Design-Science-Building-Pedagogical-Patterns-for-Learning-and-Technology/Laurillard/p/book/9780415803878
Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139164603
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511811678
Richards, J. C. (2015). Key Issues in Language Teaching. Cambridge University Press. https://www.professorjackrichards.com/wp-content/uploads/Key-Issues-in-Language-Teaching-Reviewed-by-Le-Van-Canh.pdf
Schmid, E. C., et al. (2014). "Technology-enhanced learning and teaching in higher education: what is 'enhanced' and how do we know? A critical review of the literature." Learning, Media and Technology, 39(1), 6-36.
Snow, C. E. (2010). The Importance of Interactions in the Learning of Literacy. Cambridge University Press.
Smith, A. (2020). The Role of Technology in Language Learning. Journal of Educational Technology, 15(2), 45-62.
Warschauer, M., & Healey, D. (1998). Computers and language learning: An overview. Language Teaching, 31(2), 57-71. https://doi.org/10.1017/S0261444800012970