Penggunaan Metode Drilling untuk Meningkatkan Kemampuan Simple Present Tense Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMPM 22 Setiabudi Pamulang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas VIII SMPM 22 Setiabudi Pamulang dalam “simple present tense”. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Pengambilan data adalah hasil dari observasi, wawancara, pre-test dan post-test. Metode drill ini digunakan agar siswa lebih mengerti secara mendalam mengenai konsep dan bentuk kalimat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, juga untuk menambah kosa kata baru bagi siswa. Manfaat lain yang dapat di ambil dari penelitian diharapkan teori pengajaran, khususnya mengenai penerapan metode drill untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran bahasa Inggris. Hasil yang didapatkan pada post-test dan wawancara bahwa siswa mengalami kenaikan tingkat pemahaman pada “simple present tense” dan termotivasi dalam pembelajarannya sehingga pengajaran lebih efektif.
Full Text:
PDFReferences
Mufidah, Nuril. (2018). Metode Pembelajaran Al Ahswat. Vol (4) No. (2). DOI:https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03
Sanatun, Nurul Aini. Dwi Sulisworo. (2017). Implementasi Metode Drill and Practice secara kelompom untuk peningkatan prestasi belajar. Vol (5) No. (3). DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v5i3.13767
Isnaeni, R., & Purnaningsih, P. (2023). Pengaruh Metode Drill And Practice Terhadap Kemampuan Pelafalan Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK YPUI Parung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11666–11673. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1779
Rahayu, Nurbaiti. (2014). The Effectiveness of Inductive Instruction in Teaching Simple Present Tense. shttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25458
Mualimin, Mualimin and Cahyadi, Rahmat Arofah Hari (2014) Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Ganding Pustaka.
Kumar, A., & Sharma, R. (2017). Factors Affecting Understanding of English Language Concepts in Secondary Schools. International Journal of Humanities and Social Sciences, 7(12), 78-84.
Brown, J., & Green, T. (2018). Interactive Multimedia: A New Approach to English Language Learning. TESOL Journal, 9(2), 358-374.
Jones, A. (2017). Social and Cultural Factors in Second Language Acquisition: An Overview of Research in the Global Context. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 38(1), 3-13.
Wiliantika. (2021)79-84 Meningkatkan penggunaan simple present tense menggunakan metode drilling, http://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1968
Ayu Lestari, Puspita Nabah, Ifaul, 2019, Analisis Penggunaan “Simple Present Tense” dengan Menggunakan Metode Drilling. Pages 7-12. doi: 10.23917/bppp.v1i1.9288
Dewi, N. A. K., Trisnawati, T., & Kristina, M. (2020). The Drill Method with Realistic Approach to Improve Learning Outcomes of Descriptive Statistics in Higher Education. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.13010
Prahesti, Devi. (2022). The Use of Drill Method to Enhance Curiosity Pupils in Speaking Skill. Journal of English Language Studies. 1(01). http://oxford.iain-jember.ac.id/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.