Mengurangi Kecemasan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Vocabullary Pembelajaran Bahasa Inggris pada Games Wordsearch di MTsM Al Muhajirin Patuk

Citra Amalia, Mutiarani Mutiarani

Abstract


Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Games Wordsearch. Peneliti ingin mengetahui bagaimana gamesini dapat mengurangi kecemasan berbicara bahasa Inggris dan meningkatkan kosakata siswa di MTsM Al-MuhajirinPatuk, Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester 6 tahun ajaran 2024 Subjek penelitian adalahpeserta didik kelas VII. Penelitian dilaksanakan di MTsM Al-Muhajirin Patuk, Gunungkidul. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi pribadi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakanobservasi untuk memahami siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan sekolah dan untuk mengetahuipeningkatan kosakata mereka. Hasil penelitian ini menggambarkan tiga faktor penyebab kecemasan siswa ketikaberbicara bahasa Inggris. Faktor pertama adalah kesadaran diri siswa bahwa mereka selalu merasa bahasa Inggris sulitdipelajari dan diucapkan. Faktor kedua berkaitan dengan kondisi kelas yang membuat siswa gugup ketika berbicara didepan teman dan guru. Faktor ketiga yang membuat siswa gugup ketika berbicara bahasa Inggris adalah rasa takutmelakukan kesalahan. Hasil dari penelitian ini menunjukan guru dapat membantu murid dalam mengatasi kecemasanberbicara juga meningkatkan vocabulary melalui games wordsearch dalam pembelajaran bahasa inggris pada muridsekolah menengah.

Full Text:

PDF

References


Fauzi, Iwan, et al. "Mengatasi anxiety dalam berbicara bahasa inggris melalui pembelajaran berbasis web." Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. Vol. 5. No. 1. 2022.

Fitriani E, Julia J, Gusrayani D. Studi Kasus: Kecemasan Berbicara Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Jurnal Basicedu. 2022 Feb 12;6(2):2312-22.

Lubis LS. The effect of word search puzzle game to vocabulary mastery at the VIII grade students of SMP N 5 Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). Putri, Ardhea Rosana, et al. "A STUDY OF STUDENTS’ANXIETY IN SPEAKING." Journal of Education, Linguistics, Literature and Language Teaching 3.01 (2020): 35-47.

Aliyu, Muhammad Mukhtar, Shehu Muhammad Korau, and Aminu Basiru. "Reducing Undergraduates Speaking Anxiety through Class Interactions and Oral Presentations." Asian Journal of Contemporary Education 3.1 (2019): 36-43.

Kristie, Lavani Satya. "Teachers’ Strategies to Improve Students’ Self-Confidence in Speaking: A Study at Two Vocational Schools in Central Borneo." Register Journal 11.2 (2018): 139-153.

Hamer, Welliam, and Ledy Nur Lely. "Using Pictionary game to increase learners’ vocabulary mastery in English language instruction." Journal of English Education Studies 2.1 (2019): 43-51.

LLC, Morsy, Somaia - ProQuest. (2018). Understanding Self-Efficacy, Science Classroom Teaching and Learning Experiences and High School Science Achievement in Egypt and the United States. State University of New York at Buffalo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ