Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa/i MA Muhammadiyah Kadudampit melalui Pembelajaran Problem Based Learning dan Program English Class
Abstract
Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam komunikasi global dan perkembangan akademik. Namun, di kalangan siswa MA Muhammadiyah Kadudampit Sukabumi, kemampuan dan motivasi belajar bahasa Inggris masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi siswa melalui implementasi Problem Based Learning dan English Class. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 34 siswa kelas XI sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan beberapa tantangan dalam pelaksanaan kegiatan, seperti rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dan kendala dalam menerapkan metode pembelajaran yang diusulkan. Selain itu, hasil tes tertulis menunjukkan rata-rata nilai kelas yang masih rendah, yakni 6,71. Meskipun demikian, kegiatan ini memberikan wawasan berharga mengenai perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris di sekolah ini. Meskipun terdapat kendala dalam implementasi, penggunaan metode Problem Based Learning dan English Class mampu memberikan arah yang jelas untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Langkah-langkah perbaikan lebih lanjut, termasuk peningkatan motivasi siswa dan penyesuaian strategi pembelajaran, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam jangka panjang.
Full Text:
PDFReferences
B, L. O. M. I. H. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Gambar Berseri. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 88–95. https://doi.org/10.21009/bahtera.131.9
Fajar, A. (2024). Inggris Melalui Metode Project Based Learning Inpres. 7, 4826–4830.
Ikawati, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 186–193. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1567
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Warta, 3(50), 13–22.
Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Universitas Dharmawangsa, 14(2), 221–230.
Muslimah, N. I., Rahmadani, R. F., Lestari, D., Ferdiansyah, R. E., Aditya, R. T., Juneitasari, L., Aditya, M. D., Nariswari, R. A. R., & Amalia, R. B. (2021). English Class Conversation sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan dan Kesadaran Berbahasa Inggris pada Anak-Anak Kampung Karangan Kota Surabaya. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(1), 167. https://doi.org/10.20473/jlm.v5i1.2021.167-176
Prayoga, R. A., & Khatimah, H. (2019). Pola Pikir Penggunaan Bahasa Inggris Pada Masyarakat Perkotaan di Jabodetabek. Simulacra: Jurnal Sosiologi, 2(1), 39. https://doi.org/10.21107/sml.v2i1.5520
Silviani, S., Setiawati, D. A., & Ulfa, N. (2023). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Melalui Program English Day untuk Pengembangan Pariwisata Wakatobi. INSANIYAH : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60–73.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 02(1), 36–46.
Yulianti, Indra Gunawan, E. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399–408. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.