Pengaplikasian Problem Based Learning dan Program English Class Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Kemampuan dan Motivasi Bahasa Inggris Siswa/i Tingkat MA

Authors

  • Sonia Laksita Marchia Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hastri Rosiyanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bachtiar Bachtiar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Inggris di Indonesia masih rendah, terlihat dari kemampuan dan motivasi siswa/siswi MA Muhammadiyah Kadudampit Sukabumi yang cenderung rendah dalam menggunakan dan mempelajari bahasa Inggris. Hasil evaluasi mengindikasikan adanya kendala dalam pelaksanaan program, seperti minimnya fasilitas pembelajaran dan kurangnya motivasi siswa. Selain itu, program yang dilaksanakan tidak berhasil mendorong peningkatan signifikan dalam kemampuan dan motivasi siswa karena kurangnya ketertarikan mereka terhadap program tersebut. Hasil rata-rata nilai uji tes tertulis yang didapatkan juga rendah, yaitu 6,71, dan tidak memenuhi standar nilai pembelajaran.

References

Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2018). Strategi komunikasi dalam interaksi dengan mahasiswa pertukaran asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9-16.

La Ode Muhammad Idrus Hamid, B. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Gambar Berseri. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(1), 88-95.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, (50).

Maruâ, N. (2020). Penerapan pembelajaran inovatif dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris. Warta Dharmawangsa, 14(2).

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles