Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis dan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Cipetir

Nadia Salisatul Khusnah, Hastri Rosiyanti, Bachtiar Bachtiar

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dikarenakan kurangnya keterampilan menulis bahasa Inggris dan pengetahuan mengenai  kosakata bahasa Inggris siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengidentifikasi dan  mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan  keterampilan menulis dan pengetahuan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi seberapa jauh  kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam hal tersebut. Pengumpulan data pada penelitian  ini dilakukan dengan observasi secara langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta  menggunakan data atau sumber-sumber yang berkaitan dengan subjek penelitian. Penelitian dilakukan  kurang lebih selama 2 bulan. Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data diperoleh pada saat kegiatan  pembelajaran sedang berlangsung di dalam kelas.  Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah metode  deskriptif. Dengan menggunakan metode analisis data deskriptif, peneliti bertujuan untuk  mendeskripsikan atau membuktikan keefektifan penggunaan media pembelajaran  wordwall terhadap keterampilan menulis dan pemahaman kosakata bahasa  Inggris. Berdasarkan  hasil dari observasi dan wawancara ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall dapat digunakan dan efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam penguasaan kosakata dan kegiatan menulis bahasa Inggris. Dengan demikian,  penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman terhadap penggunaan  media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa  secara efektif.


Full Text:

PDF

References


Aziz, A., & Gantara, P. (2021). Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 627–634. https://doi.org/10.30605/jsgp.1.1.2018.99

Eko Saputri, I. R., Reykha Putri, S. E., Wulandari, R., Fajriani, S. F., & Hajron, K. H. (2023). Implementasi Game Pembelajaran Interaktif Wordwall. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.30659/jp sa.3.2.101-112

Fitri, H. R. (2022). Upaya Aplikatif Peningkatan Kemampuan Bahasa Baku Peserta Didik dengan Media Wordwall di Sekolah Menengah Pertama. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.1793

Hartatiningsih, D. (2022). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris dengan menggunakan Media Wordwall Siswa Kelas VII MTs. Guppi Kresnomulyo. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 303–312. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1443

Khasanah, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text melalui Genre Based Approach Berbantuan Media Instagram. Paedagogie, 13(1), 9–19. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i1.2060

Maryati. (2023). Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Bahasa Inggris Siswa Melalui Media Word Wall Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 23 Palembang. Science and Education Journal (SICEDU), 2(2), 250–259. https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i2.111

Oktaviani, M., & Yanti, P. G. (2022). Develop Anagram Game Learning Media (Wordwall) to Improve Students’ Vocabulary Mastery. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 275–284. https://doi.org/10.32528/bb.v7i2.97

Parida, I. (2018). Penerapan Strategi Scaffolding Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Simple Present Tense Sederhana. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(3), 1–8.

Rohmatin. (2023). Penggunana Game Edukasi Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039

Susilawati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Media Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Recount Text di SMPN 3 Panumbangan. Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 393–399. https://doi.org/10.25134/ajpm.v4i1.115


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ