Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi melalui Metode Guided Conversation

Shafa' Salsabilla, Hastri Rosiyanti, Hera Wahdah Humaira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah siswa terkait dengan rendahnya kemampuan mereka berbicara dalam Bahasa Inggris pada kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode Guided Conversation. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 2 dari 6 siswa (63,4%) yang nilai kemampuan berbicaranya setara atau diatas KKM dan ada 4 siswa (33,33%) yang nilainya dibawah KKM. Karena hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75% siswa memiliki nilai setara atau diatas KKM, maka penelitian tetap dilanjutkan pada siklus berikutnya dengan terlebih dahulu merevisi beberapa langkah pembelajaran yang dianggap belum terlalu maksimal. Hasil penelitian pada Siklus II menunjukkan bahwa ada 4 dari 6 siswa (85,7%) memiliki nilai setara atau diatas KKM dan ada 2 siswa (3,70%) yang nilainya masih dibawah KKM. Dengan terpenuhinya target keberhasilan yang telah ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Guided Conversation berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi.


Full Text:

PDF

References


Djamaluddin, D., & Dr. Wardana. (2014). Belajar dan Pembelajaran . CV. Kaffah Learning Centre.

Fitriyah, & Moh. Bistri. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Journal unesa.ac.id.

Kusuma, C. S. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi.

Marzuki, Samnia, & Ratna. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Melalui Metode Cerita Bebas dengan Media Kartu Bergambar. Jurnal.pgrisultra.or.i.

Yulizar, I., & Aminah, S. (2022). Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Mata Pelajaran Wajib di Indonesia. Ejounalstita.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ