Meningkatkan Kemampuan Belajar Senam Aerobik melalui Penerapan Metode Komando pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar senam aerobic pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo melalui penerapan metode komando. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui metode komando dalam pembelajaran senam aerobik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan uji hipotesis, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo menunjukan adanya peningkatan yang cukup berarti dalam setiap siklusnya. Pada siklus yang pertama setelah diterapkan metode komando diperoleh nilai rata-rata kemampuan belajar siswa 74,76 % atau ada 13 siswa yang sudah tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥75 hanya sebesar 63,50 % lebih kecil dari presentase ketuntasan yang di kehendaki yaitu 75% dan dilanjutkan pada siklus yang kedua, dan pada siklus yang kedua ini siswa-siswi yang belum tuntas pada siklus yang pertama semuanya menjadi tuntas. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode komando dapat meningkatkan kemampuan belajar senam aerobic.
Full Text:
PDFReferences
Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok
Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community.
https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592.
Anas, S. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pres. bsnp 2007. (2017).
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya.
Rosdiana, N. (2013).. Phederal: Physical Education, Health and Recreation Journal.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.