Meningkatkan Kemampuan Belajar Senam Aerobik melalui Penerapan Metode Komando pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo

Authors

  • Muhammad Akmal Fauzan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Doby Putro Parlindungan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar senam aerobic pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo melalui penerapan metode komando. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui metode komando dalam pembelajaran senam aerobik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan uji hipotesis, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo menunjukan adanya peningkatan yang cukup berarti dalam setiap siklusnya. Pada siklus yang pertama setelah diterapkan metode komando diperoleh nilai rata-rata kemampuan belajar siswa 74,76 % atau ada 13 siswa yang sudah tuntas belajar. Hasil  tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥75 hanya sebesar 63,50 % lebih kecil dari presentase ketuntasan yang di kehendaki yaitu 75% dan dilanjutkan pada siklus yang kedua, dan pada siklus yang kedua ini siswa-siswi yang belum tuntas pada siklus yang pertama semuanya menjadi tuntas. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode komando dapat meningkatkan kemampuan belajar senam aerobic.

References

Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok

Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community.

https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592.

Anas, S. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pres. bsnp 2007. (2017).

STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya.

Rosdiana, N. (2013).. Phederal: Physical Education, Health and Recreation Journal.

Downloads

Published

2024-09-04

Issue

Section

Articles