Peran Literasi Baca Tulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang

Fadli Ramdhani, Ahmad Fadly

Abstract


Artikel ini ditulis untuk melihat bagaimana literasi baca tulis berperan dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang. Keterampilan literasi baca tulis sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan pemahaman teks. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi baca tulis sangat penting untuk pemahaman siswa tentang materi pelajaran, kemampuan mereka untuk menganalisis teks, dan kemampuan mereka untuk menulis. Program literasi di sekolah ini mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan membaca dan menulis. Ini berdampak positif pada prestasi akademik siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa literasi baca tulis harus dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa Indonesia untuk memperkuat kemampuan siswa untuk menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Apriani, E. (2021). Hubungan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan literasi bacatulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. SeBaSa, 4(2), 73-88.

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142-151.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108-118.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141-152.

Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2019). Menggerakkan Literasi BacaTulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ