Pentingnya Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Olahraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas 3.1 SD Labschool FIP UMJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran penting sarana dan prasarana dalam pembelajaran olahraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3.1 SD Labschool FIP UMJ. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan analisis dokumen. Responden penelitian adalah siswa kelas 3.1 SD Labschool FIP UMJ dan guru olahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana yang memadai memainkan peran krusial dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran olahraga. Fasilitas yang baik, seperti lapangan yang luas, peralatan olahraga yang memadai, dan ruang ganti yang bersih dan nyaman, dapat memberikan lingkungan yang mendukung untuk pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai dalam pembelajaran olahraga.
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 1-11.
Cahyati, N. N., & Hariyanto, E. (2019). Survei sarana dan prasarana dalam pembelajaranpendidikan jasmani dan kesehatan di sekolah dasar negeri di kabupaten pasuruan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 111–120. Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/issue/view/716/showToc.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Herlina & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(1), 1-7.
Indrawathi, N. L. P., Dewi, P. C. P., & Widiantari, N. L. G. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas vii smp negeri 5 kuta selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1). 239-247.
Khikmah, A. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di madrasah tsanawiyah (mts) se-kecamatan klojen kota malang pada semester ganjil tahun 2017. Sport Science, 1(1), 12–19.
Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 4(1), 110-116.
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE- Article). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1. 12551.
Qoulbi, G. A., & Alnedral. (2020). Pelaksanaan pembelajaran PJOK di kelas XII sma negeri 1 batusangkar dilihat dari sudut perencanaan, proses, dan evaluasi. Jurnal Patriot.
Sanjaya. 2010. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses pendidikan Jakarta: prenada media grup.
Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tholib Khasan. 2000, Aplikasi Administrasi Pendidikan, Jakarta: Studia Press
Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120.https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.