Pengaruh Metode Suggestopedia terhadap Keterampilan Membaca Puisi Berbantuan Media Spotify pada Peserta Didik Kelas X

Luthfiani Luthfiani, Aida Sumardi

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tidak hanya mendidik untuk terampil memahami jenis-jenis teks, tetapi juga memahami karya sastra, salah satunya melalui puisi. Dalam kurikulum merdeka terdapat kemampuan literasi yang harus dikuasai peserta didik, salah satunya keterampilan membaca. Dalam hal karya sastra puisi, maka peserta didik diharuskan terampil membacakan puisi. Dibutuhkan metode yang tepat supaya peserta didik antusias, maka peneliti menggunakan metode suggestopedia berbantuan media spotify. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode suggestopedia terhadap keterampilan membaca puisi berbantuan media spotify pada peserta didik kelas X. Metode penelitian yang digunakan ialah true experimental design menggunakan posttest-only control design. Hasil yang diperoleh terhadap pembelajaran membaca puisi dengan metode suggestopedia berbantuan media spotify memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan membaca puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t menggunakan SPSS 27, diperoleh nilai sig. < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Tingkat keberhasilan membaca puisi pada kelas eksperimen sebesar 64%, sementara tingkat keberhasilan pada kelas kontrol sebesar 27%.


Full Text:

PDF

References


Djaha, Siti Susanti Mallida & Ahmad. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah Kupang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10(1).

Netti, S. Yollis Michdon & Irwansyah. 2018. Spotify: Aplikasi Music Streaming Untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi 10(1):1-16.

Fitriana, E., Sukirno, & Sholeh, K. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Metode ATM Pada Siswa SMP Negeri VII 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Surya Bahtera, 5(48).

Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Perbukuan (balitbangbuk) No. 028 Tahun 2021 tentang Capaian Pembelajaran PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB pada Sekolah Penggerak.

Khairunnisa. (2022). Penggunaan Media Podcast Spotify Akun Doneng Eyang Anniek Dalam Pembelajaran Menyimak Unsur Intrinsik Fabel Pada Siswa Kelas VII MTsn 1 Kota Serang, Banten Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institutional Respository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurazizah, Feti. (2018). Penerapan Metode Suggestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII MTS Nurul Hijrah, Jakarta Timur. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institutional Respository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Srirahayu, Peni., Anggia Suci Pratiwi, Sunanih. (2020). Pengaruh Metode Sugestopedia Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas 4 SDN Ciwalet, Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 8(2).

Su Cin & Lusia Savitri Setyo Utami. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Jurnal Koneksi, 4(2).

Sumarsilah, Siti. 2018. Pengkajian Puisi (Edisi Revisi). Pati: CV Al Qalam Media Lestari.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Wiranty, Wiendi. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Jurnal Edukasi 15(2):284-294.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ