MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI MATEMATIKA MELALUI MEDIA SAKU PINTAR ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui media saku pintar di Pendidikan Anak Usia Dini Anak Ceria, Ciputat. Dilatarbelakangi dengan pemahaman akan pentingnya kemampuan logika matematika yang berkaitan dengan perkembangan pemikiran anak. Berdasarkan hal itu maka diciptakanlah media saku pintar sebagai alat permainan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, model Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun pada pra siklus baru mencapai 50%. Kemudian setelah mendapatkan tindakan meningkat menjadi 72% pada siklus I, 97% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media saku pintar dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi matematika anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui media saku pintar di Pendidikan Anak Usia Dini Anak Ceria, Ciputat. Dilatarbelakangi dengan pemahaman akan pentingnya kemampuan logika matematika yang berkaitan dengan perkembangan pemikiran anak. Berdasarkan hal itu maka diciptakanlah media saku pintar sebagai alat permainan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, model Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun pada pra siklus baru mencapai 50%. Kemudian setelah mendapatkan tindakan meningkat menjadi 72% pada siklus I, 97% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media saku pintar dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi matematika anak usia 4-5 tahun.
Keywords: Kemampuan Matematika, Anak Usia 4-5 Tahun, Media Saku Pintar
Full Text:
PDFReferences
Adi, Waluyo, dkk. (2007). Buku Pegangan Kuliah Pendidikan Taman Penitipan Anak/Kelompok Bermain. Yogya: PGTK FIP UNY
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asy’ary, M. (2006). Penerapan Penerapan Sains Teknologi Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma
Beaty, J.J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Bundu, Patta. (2006). Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas
Fakhruddin, Asef Umar. (2010). Sukses Menjadi Guru TK/PAUD. Yogyakarta: Bening
Haryono. (2015). Bimbingan Teknis Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books
Hildayani, Rini, dkk. (2005). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif dan Penanggulangannya. Bogor: Galia Indonesia
Kamus Besar. (2005). Pengertian Klasifikasi,
Latif, Muhtar, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Lwin, May. Dkk. (2005). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks
Martinis dan Jamilah. (2013). Panduan PAUD
Muchlis, Sugiman. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (Mendongeng masih Penting Bagi AUD). Jakarta: Lembaga Kajian Islam Nugraha
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT remaja Rosdakarya
Sanaki, Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Seefeld, C. & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Proyek PAUD
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenada Group
Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Prenada Media Group
Suyadi, dkk. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya
Tampubolon. S. M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media
Eliyawati, C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022, diakses 10 Juli 2017)
Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Strategi Pembelajaran Kinestetik, (pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/download/82/82, diakses 11 Juli 2017)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.