MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI MATEMATIKA MELALUI MEDIA SAKU PINTAR ANAK USIA 4-5 TAHUN

Tiara Astari, Nunuk Chozin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui media saku pintar di Pendidikan Anak Usia Dini Anak Ceria, Ciputat. Dilatarbelakangi dengan pemahaman akan pentingnya kemampuan logika matematika yang berkaitan dengan perkembangan pemikiran anak. Berdasarkan hal itu maka diciptakanlah media saku pintar sebagai alat permainan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, model Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun pada pra siklus baru mencapai 50%. Kemudian setelah mendapatkan tindakan meningkat menjadi 72% pada siklus I, 97% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media saku pintar dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi matematika anak usia 4-5 tahun.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika pada anak usia 4-5 tahun melalui media saku pintar di Pendidikan Anak Usia Dini Anak Ceria, Ciputat. Dilatarbelakangi dengan pemahaman akan pentingnya kemampuan logika matematika yang berkaitan dengan perkembangan pemikiran anak. Berdasarkan hal itu maka diciptakanlah media saku pintar sebagai alat permainan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, model Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun pada pra siklus baru mencapai 50%. Kemudian setelah mendapatkan tindakan meningkat menjadi 72% pada siklus I, 97% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media saku pintar dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi matematika anak usia 4-5 tahun.

Keywords: Kemampuan Matematika, Anak Usia 4-5 Tahun, Media Saku Pintar

 


Full Text:

PDF

References


Adi, Waluyo, dkk. (2007). Buku Pegangan Kuliah Pendidikan Taman Penitipan Anak/Kelompok Bermain. Yogya: PGTK FIP UNY

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asy’ary, M. (2006). Penerapan Penerapan Sains Teknologi Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma

Beaty, J.J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Bundu, Patta. (2006). Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas

Fakhruddin, Asef Umar. (2010). Sukses Menjadi Guru TK/PAUD. Yogyakarta: Bening

Haryono. (2015). Bimbingan Teknis Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books

Hildayani, Rini, dkk. (2005). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif dan Penanggulangannya. Bogor: Galia Indonesia

Kamus Besar. (2005). Pengertian Klasifikasi,

Latif, Muhtar, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Lwin, May. Dkk. (2005). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks

Martinis dan Jamilah. (2013). Panduan PAUD

Muchlis, Sugiman. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (Mendongeng masih Penting Bagi AUD). Jakarta: Lembaga Kajian Islam Nugraha

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Sanaki, Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Seefeld, C. & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Proyek PAUD

Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenada Group

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Prenada Media Group

Suyadi, dkk. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tampubolon. S. M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Eliyawati, C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022, diakses 10 Juli 2017)

Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Strategi Pembelajaran Kinestetik, (pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/download/82/82, diakses 11 Juli 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP >Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 


 

Powered by Puskom-UMJ