PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI BERBANTUAN MEDIA E-BOOK

Ratna Dewi Kartikasari, Sarah Jauzaa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis resensi pada kelas XI MAN 02 Kota Bekasi, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti apa penyebabnya dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual berbantuan  e-book. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis resensi dengan penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media e-book. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 02 Kota Bekasi dengan populasi kelas XI berjumlah 328 siswa dan sampel yang berjumlah 67 siswa, 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. E-book yang digunakan pada penelitian ini adalah e-book yang berjudul “Separuh Otak, Sepenuh Hati” dan model pembelajaran kontekstual dengan hipotesis bahwa penggunaan e-book terhadap kemampuan menulis resensi serta penerapan pembelajaran kontekstual  berpengaruh lebih baik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes uraian yang sudah divalidasi oleh ahli, setelah divalidasi didapatkan valid dan reliabel serta data berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis menunjukan bahwa thitung sebesar 3,679 lebih besar dari ttabel sebesar 1,6706 (thitung<ttabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis resensi berbantuan e-book berpengaruh.


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Mutaqilah, Ahmad. (2014). Bahasa Ku Bahasa Indonesia. Tanggerang: CV Wafi Media Utama

Nurjamal dan Sumirat. (2010). Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP >Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 


 

Powered by Puskom-UMJ