PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NUMBER BONDS UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Nurbaiti Widyasari, Elita Puspitasari

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti menemukan bahwa masih banyak siswa kelas tinggi yang masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal operasi perkalian dan pembagian. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah dikarenakan tidak kuatnya fondasi atau tidak pahamnya konsep operasi penjumlahan dan operasi pengurangan Oleh sebab itu, diperlukan pengembanagan bahan ajar Number Bonds. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Penelitian ini melibatkan tiga orang ahli dan dilakukan di SDN Cireundeu 01 untuk pengambilan data uji coba dikelas I A. Hasil validasi ahli materi yaitu 84,5% dengan kategori sangat valid, ahli kegrafikaan yaitu 87,5% dengan kategori sangat valid, dan ahli bahasa yaitu 80,8% dengan kategori valid. Hasil uji coba secara perorangan (One to one) diuji cobakan kepada 3 orang siswa pada aspek kemudahan memperoleh nilai 83,25% dengan kategori sangat baik, aspek penampilan 100% dengan kategori sangat baik, dan aspek kebermanfaatan 80% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelas kecil diuji cobakan kepada 9 orang siswa pada aspek kemudahan memperoleh nilai 97% dengan kategori sangat baik, aspek penampilan 100% dengan kategori sangat baik, dan aspek kebermanfaatan 94% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelas besar diuji cobakan kepada 18 orang siswa pada aspek kemudahan memperoleh nilai 97% dengan kategori sangat baik, aspek penampilan 100% dengan kategori sangat baik, dan aspek kebermanfaatan 94% dengan kategori sangat baik. Berdasrakan hasil nilai yang diperoleh dari para ahli dan respon peserta didik penelitian ini dapat disimpulkan valid.


Full Text:

PDF

References


Juliana, K., Amin, M., Suarsini, E. (2016). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Bioogi Sel dengan pendekatan Bioinformatika untuk Mahasiswa S1 pendidikan Biologi Universitas Negri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Peneitian dan Pengembangan. 1 (9), 1677-1683.

Karomah, M., dan Sudiman, B. (2013). Peningkatan Hasi Belajar Operasi Penjumahan dan Bilangan Bulat dengan Media Wayang Kartun di Jalan di Sekoah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (2), 1-5.

Norviana, S., dan Sari, A.R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 tempel. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 13 (2), 71-80.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.

. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rosiyanti, H., dan Widyasari, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Bar Modelling Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema Berhemat Energ. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 3 (2), 111-120.

Saidah, N.I., dan Nugroho, A.H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Beebentuk Permainan edukasi Akuntasi Cari Kata (Acak) Menggunakan Adobe Flash CS5. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 13 (1), 65-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP >Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 


 

Powered by Puskom-UMJ