PENGARUH HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Sri Imawati, Pandu Krisna Winata

Abstract


Penulisan penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran pada Mahasiswa khususnya Motivasi belajar yang masih sangat rendah, sehingga penulis tergerak melakukan penelitian untuk mengetahui penyebab permasalahan tersebut dengan mengajukan alternatif melalui Hypnoteaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Hypnoteaching terhadap motivasi belajar Mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi PGSD FIP UMJ. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik true experimental, dengan hipotesis terdapat pengaruh Hypnoteaching terhadap motivasi belajar mahasiswa semester 5 angkatan 2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Hypnoteaching terhadap Motivasi belajar Mahasiswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji-t dengan t hitung 1,831 lebih besar dari t tabel sebesar 1,669. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dalam penggunaan Hypnoteaching terhadap motivasi belajar mahasiswa semester 5 angkatan 2015 Prodi PGSD FIP UMJ. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait di antaranya Kaprodi PGSD, dosen PGSD, dan mahasiswa PGSD.

Full Text:

PDF

References


Hajar, Ibnu. 2011. Hypno Teaching Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar dengan Hipnoterapi. Yogyakarta: DIVA Press.

Hakim, Andri. 2010. Hypnosis In Teaching ”Cara Dahsyat Mengajar Dan Mendidik. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Jaya, Novian Triwidia. 2010. Hypnoteaching, Bukan sekedar mengajar. Bekasi: D-Brain.

Lutfi, Khairul. 2016. Upaya meningkatkan motivasi belajar dengan menerapkan model reading guide berbasis paikem bagi peserta didik kelas ii.b semester dua tahun 2015/2016 di sd negeri model mataram. Mataram. Jime, vol. 2 no. 2.

Machrubiansyah, Robby. 2016. Hypnosis GO untuk hidup lebih baik. Jakarta: Bintang Wahyu.

Menrisal dan Etrilia Utari. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa. Padang. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi Vo. 4, No. 1.

Noer, Muhammad. 2010. Hypno Teaching For Success Learning. Tanpa Kota: Media Hidayah Publisher B.

Sari, Anggun Melati, Sarwiji suwandi dan Atikah Anindyarini, 2015, Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Melalui Metode Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa SMK. Surakarta. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 3 Nomor 3.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ