Abstract
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya di SDN Grogol Selatan 08. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif desain Quasi Experimental. Adapun jenis desain yang dipilih dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group. Sampel yang pertama berjumlah 32 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Sedangkan sampel yang kedua berjumlah 32 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah (konvensional). Berdasarkan data yang didapat, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa di SDN Grogol selatan 08. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan ditunjukan oleh hasil perhitungan uji-t yang diperoleh data 3,138 dan ttabel 2,0002. Dengan demikian berdasarkan krieteria pengujian thitung > ttabel yaitu (3,138 > 2,0002), maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang positif antara hasil belajar IPA terhadap siswa diberikan model pembelajaran make a match (eksperimen) dengan siswa yang tidak diberikan model pembelajaran make a match. Artinya model pembelajaran make a match dalam pembelajaran IPA materi gaya berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Grogol Selatan 08. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait seperti pihak sekolah, guru, siswa, dan juga bagi peneliti selanjutnya.
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswain Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.