PENINGKATAN KREATIVITAS SENI MELALUI KEGIATAN MEMBATIK (PENDIDIKAN PUSAKA MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI)

Anita Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai kegiatan membuat batik dalam upaya meningkatkan kreativitas seni Siswa kelompok B TK Permata Hati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru dalam kegiatan membatik, dan guru kelas bertindak sebagai kolaborator dan observator.Penelitian ini melalui empat tahap kegiatan, yaituperencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan jumlah total pertemuan 12 kali.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswaKelompok B TK Permata Hati .  Pengumpulan data dilakukan melaui rubrik, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan membatik dapat meningkatkan kreativitas seni anakyang pada pra-siklus tercatat 31%. Kemudian  meningkat menjadi 56,50% pada akhir siklus pertama dan terus meningkat menjadi 83,70% diakhir siklus kedua.Hal tersebut memperlihatkan telah tercapainya target penelitian minimal 80%.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa membatik menjadi salah satu alternatif metode yang baik untuk meningkatkan kreativitas seni Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Ajda Şenol. 2013. Is Art Mimesis or Creation? Elsivier.

Barrett & Everett. 2012. Meaning, Value and Engagement in art: findings from a Participatory Investigation of Young Australian Children’s Perseption of the Arts, Springer Journal.

Conny R Semiawan, I Made Putrawan dan TH.I. Setiawan. 2002. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meagan K. Shedd and Rebecca L. Coyner. 2015. Every Color on the Canvas Using Art to Explore Preschoolers’ Understanding of Differences, EBSCO Journals.

Megawangi, Ratna. 2009. Pendidikan Karakter, Indonesia Heritage Foundation, Jakarta.

Mills, Geoffrey E. 2003. Action Research A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Nilgün Kuloglu A, Ali O. Asasoglu A. 2010. Indirect Expression as an Approach to Improving Creativity in Design Education Elsevier.

Sharon K MC Donough. 2010. Why Beyond Drill and Practice: Foreign Language Lab Activities In Suport of Constructivist Learning Int’l J of Instructional Media Vol. 28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ