PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA AJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SIRAH PULO PADANG

Azmi Al Bahij, Apri Utami Parta Santi, Dyah Ayu Prastiwi

Abstract


Penulisan ini tersebut dilatarbelakangi oleh pemanfaatan lingkungan alam sekitar dapat dijadikan media ajar, sehingga penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai media ajar. Penelitian tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai media ajar pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 2 Sp. Padang kab. Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, membuat buku panduan bergambar pemanfaatan lingkungan alam sekitar (PLAS) dan membuat RPP pemanfaatan lingkungan alam sekitar (PLAS). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian tersebut menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi dengan teknik analisis data melalui tiga jalur yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), verification dan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan sekolah dapat dimanfaatakan sebagai media ajar pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Sp. Padang. Dengan menggunakan media ajar di lingkungan sekolah dapat menumbuhkan kreatifitas siswa. Dapat di ketahui bahwa siswa lebih aktif belajar diluar kelas karena lebih menyenangkan, siswa dapat melihat langsung dengan menggunakan media nyata yang ada dilingkungan sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai media ajar pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 2 Sp. Padang dapat gunakan dan sesuai dengan materi serta kebutuhan siswa.

Full Text:

PDF

References


_____.2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dikdasmen.

Amalia Sapriati, dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Budi Wahyono dan Setya Nurachmandani. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. 2016. Media Pmbelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ