KOIN AJAIB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Widiyanti Endang Safitri, Hastri Rosiyanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang masih rendah. Koin ajaib adalah salah satu media pembelajaran matematika yang dapat digunakan pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan media pembelajaran koin ajaib lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran koin ajaib. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMP N 2 Cikarang Selatan yang berjumlah masing-masing kelas 36 siswa, dengan sampel kelas VIII3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistrbusi normal, dan homogen serta dengan perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel  dengan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan media pembelajaran koin ajaib lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran koin ajaib.

Full Text:

PDF

References


Ali Mohammad dan Ansori Muhammad. 2013. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 2003. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Widyasari, Nurbaiti., dan Hastri Rosiyanti. 2018. Developing Material For Promoting Problem-Solving Ability Through Bar Modeling Technique. Journal of Physics: Conference Series, Volume 984, Conference 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ