PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMK INFORMATIKA CIPUTAT

Khaerunnisa Khaerunnisa, Ira Azhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMK Informatika Ciputat. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan menggunakan design eksperimen murni (true experiment). Teknik yang digunakan yakni Posttest Only Control Design. Data penelitian diperoleh dari tes uraian dan observasi yang dilakukan pada subjek penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat berpengaruh pada hasil belajar berupa keterampilan menulis teks eksplanasi komplek, dibuktikan dari hasil rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu sebesar 81,24, sedangkan hasil rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 68,45.

Full Text:

PDF

References


Altun, Sertel. 2015. The Effect of Cooperative Learning on Students’ Achievement and Views on the Science and Technology Course. Dalam jurnal IEJEE (online), 7 (3), 18 halaman. Tersedia: https://iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/91. (19 Desember 2017).

Akhadiah, Sabarti, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kemdikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.

Murniasih dan Santi P. Tri Utami. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Metode Peta Konsep Berbantuan Media Video Perisriwa Alam bagi Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 1 Tawangjarjo Kabupaten Grobogan. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (online). 5 (2), 8 halaman. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi. (19 Desember 2017).

Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Suparno dan M. Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yang, Xueqian. 2008. Thematic Progression Analysis in Teaching Explanation Writing. Dalam Jurnal CCSE English Language Teaching (online). 1 (1), 5 halaman. Tersedia: www.ccse.org/journal.html. (19 Desember 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ