UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COE (CONTEXTUAL AND OPEN ENDED)

Lativa Qurrotaini, Hestika Chorinnisa

Abstract


Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui atau mendapatkan data empiris tentang adanya  peningkatan minat belajar matematika dalam materi jaring-jaring bangun ruang pada kelas 5 SDN Medan Satria IX Bekasi setelah menggunakan model COE (Contextual and Open Ended). Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata minat belajar kelas dari prasiklus mencapai 61,40 yang belum mencapai 80% maka dilakukan tindakan siklus I oleh peneliti yang mendapatkan hasil rata-rata 79,80 dapat dikatakan belum mecapai kriteria keberhasilan maka peneliti melakukan lanjutan tindakan siklus II yang mencapai 86,80 sudah mencapai kriteria keberhasilan yaitu 80%. Ketuntasan belajar klasikal minat belajar kelas menunjukan kenaikan yang cukup bagus pada perhitungan tindakan  dari prasiklus ke siklus I dan dilanjutkan ke siklus II, yang mempunyai kriteria keberhasilan mencapai 80%. Dari tahap prasiklus peserta didik yang mampu tuntas mencapai hasil 80% hanya 4 orang peserta didik dan mendapatkan hasil 12,50% belum mencapai target 80%, peneliti melakukan siklus I pada tahap ini hasil angket soal yang mencapai kriteria 80% terdapat 23 orang peserta didik dan mendapatkan hasil 71,80% dan ternyata belum mencapai kriteia keberhasilan yang ditargetkan 80%, maka peneliti melakukan siklus II yang mendapatkan hasil ketuntasan individu mencapai 80% terdapat 29 orang peserta didik dan mendapatkan hasil klasikal minat belajar siswa mencapai 90,60% dan sudah melebihi pencapaian target kriteria keberhasilan 80%.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Elizabeth B. Hurlock. 2005. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Nurhasanah, Siti, A. Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran, Vol 1, No 1, Agustus 2016 : 135-142.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : RajaGrafindo Persada

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikullum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Suranto. 2009. Konsep Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning. Semarang: Sindur Press

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta :Kencana

Yudiastuti, Rita. 2015. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Tk Pertiwi Ngablak Kecamatan Srumbung. Artikel Jurnal Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 2015 : 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ