KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR

Mas Roro Diah Wahyulestari

Abstract


Keterampilan membuka dan menutup pelajaran ini bukanlah hal yang mudah dan juga bukan hal yang sulit sebenarnya tapi terkadang guru lupa akan pentingnya keterampilan ini. Tujuan penelitian ini adalah Untuk  mengetahui tentang hakekat keterampilan dasar mengajar terutama bagian membuka dan menutup pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 8 KDM yang dianggap sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan belajar mengajar, yaitu keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

Full Text:

PDF

References


Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: P2LPTK, Dirjen Dikti Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Nasution, S. 2001. Didaktika Azas-Azas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusyan, A. Tabrani. 2001. Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Karya.

Sahertian, Piet dan Sahertia, Ida Alaida. 2001. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Inservise Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Diten Dikti Depdiknas.

Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ