EFEKTIVITAS METODE TILAWATI SEBAGAI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK DISLEKSIA

Nidar Yusuf, Puri Arfiani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektifitas metode tilawati pada anak disleksia, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dengan teknik pengumpulan deta menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dengan fokus masalah yaitu fashohah, tajwid dan bacaan yang lancer tanpa jeda yang dilakukan di TPQ Masjid Raya Bintaro Jaya dengan subyek satu anak disleksia yang saat ini sudah memasuki tilawati 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tilawati efektif  untuk anak disleksia. Ini dikarenakan pendekatan yang digunakan oleh metode tilawati yaitu klasikal dan baca simak. Hasil dari metode tilawati akan sama antara anak normal dengan anak disleksia akan tetapi untuk anak disleksia membutuhkan waktu yang lebih lama dibangdingkan dengan anak normal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait seperti kepada kepala sekolah, guru, siswa serta peneliti selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Hasan, Abdurrohim, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Al-Quran. Surabaya: Pesantren AlQuran Nurul Falah

Moleong, Lexy, J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya Mulyono, Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

R. Frank. 2002. The secret life of dyslexic child, a practical guide for parents and educators. The Philip Lief Group, Inc,

Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ