INTERAKSI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh interaksi antara penggunaan media tangram dengan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design, dimana subyek penelitian tidak dikelompokkan secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara penggunaan media tangram dengan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V SDN Pamulang 01 Tangerang Selatan. Hal ini terbukti dari perhitungan menunjukkan hasil uji ANOVA dua jalur nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Bohning, G., & Althouse, J. K. (1997). Using tangrams to teach geometry to young children. Early Childhood Education Journal, 24(4), 239–242. https://doi.org/10.1007/BF02354839
DEPDIKBUD. (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah – BSNP Indonesia. Retrieved March 23, 2018, from http://bsnp-indonesia.org/standar-nasional-pendidikan/standar-kompetensi-lulusan/
Widyasari, Nurbaiti; Hayun, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta, Indonesia: Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ.
Widyasari, N. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING. Retrieved from http://repository.upi.edu/2212/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By: |