PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA KEPADA KARAKTER SISWA
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah okurangnya kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah. Upaya pendidikan karakter siswa pada sikap peduli lingkungan selaras dengan program sekolah Adiwiyata yang dirancang oleh Pendidikan Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk mendorong dan membentuk sekolah yang peduli dan berwawasan lingkungan. Adapun tujuan dalam penelitian ini karena ingin mengetahui sikap peduli lingkungan pada siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif karena mendeskripsikan seluruh gejala atau keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program sekolah Adiwiyata terhadap karakter siswa sangat terkait.References
Amri, Sofan. Dkk. 2011. Implementasi Pendidkan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: YRAMA WIDYA
Asmara, Adi. 2013. Reboisasi Lingkungan. Bandung: Cv Cipta Pesona Sejahtera
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: UII Press
Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian teori dan Praktik di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Moleong, j. Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: REFRENSI
______. 2013. Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta:REFERENSI (GP Press Group)
Soerjani, Mohamad. 2008. Konsep dasar lingkungan hidup untuk pengelolaan ekosistem bagi kelangsungan kehidupan. Jakarta: institut pendidikan dan pengembangan lingkungan.
______. 2009. Pendidikan lingkungan sebagai dasar kearifian sikap dan perilaku bagi kelangsungan kehidupan menuju pembangunan berkelanjutan. Jakarta: institut pendidikan dan pengembangan lingkungan.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung
Sujarweni, V. Wiratma. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktik, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press