PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA KEPADA KARAKTER SISWA

Rohimi Zamzam, Mita Arifiah

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah okurangnya kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah. Upaya pendidikan karakter siswa pada sikap peduli lingkungan selaras dengan program sekolah Adiwiyata yang dirancang oleh Pendidikan Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk mendorong dan membentuk sekolah yang peduli dan berwawasan lingkungan. Adapun tujuan dalam penelitian ini karena ingin mengetahui sikap peduli lingkungan pada siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter sikap peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif karena mendeskripsikan seluruh gejala atau keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program sekolah Adiwiyata terhadap karakter siswa sangat terkait.

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. Dkk. 2011. Implementasi Pendidkan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: YRAMA WIDYA

Asmara, Adi. 2013. Reboisasi Lingkungan. Bandung: Cv Cipta Pesona Sejahtera

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: UII Press

Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian teori dan Praktik di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Moleong, j. Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: REFRENSI

______. 2013. Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta:REFERENSI (GP Press Group)

Soerjani, Mohamad. 2008. Konsep dasar lingkungan hidup untuk pengelolaan ekosistem bagi kelangsungan kehidupan. Jakarta: institut pendidikan dan pengembangan lingkungan.

______. 2009. Pendidikan lingkungan sebagai dasar kearifian sikap dan perilaku bagi kelangsungan kehidupan menuju pembangunan berkelanjutan. Jakarta: institut pendidikan dan pengembangan lingkungan.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung

Sujarweni, V. Wiratma. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktik, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ