ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK BINAKARYA MANDIRI PADA MATERI BANGUN RUANG

Sartika Sartika, Rahmita Nurul Muthmainnah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI SMK Binakarya Mandiri, dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang. Subjek penelitian ini berjumlah 2 siswa dengan tingkat koneksi tinggi dan rendah. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengacu pada indikator koneksi matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 29 siswa yang mengikuti tes pertama dan kedua, data yang dinyatakan valid hanya 19 siswa atau sama dengan 65.5%, dengan 16 siswa level tinggi dan 3 siswa level rendah.

Full Text:

PDF

References


Anita, Ika Wahyu. 2014. “Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis siswa SMP”. Infinity Journal 3 (1), hal: 125-132.

Hedriana, Heris dan Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nadar, 2016. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik, dan Bentuk Portofolio terhadap Kemampuan Koneksi Matematika”. Jurnal Pendidikan Dasar 7 (2), hal: 265-282.

Musarofah, Bariani. 2015. Hubungan antara Kemampuan Koneksi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada siswa kelas V SD Negeri di Kramat Jati Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Qohar, Abdul 2009. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Komunikasi dan Koneksi Matematis siswa SMP melalui Reciprocal Teaching. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Romli, Muhammad. 2016. “Profil Koneksi Matematika siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika”. Journal of Mathematics Education, Science & Technology, UM Surabaya.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Warih, PD, Parta, IN, Rahardjo, S. 2016. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Teorema Phytagoras”. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP 1), Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ