KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN MEMPERHATIKAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DAN MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Tiara Astari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata tentang perbaikan pembelajaran Bahasa Indonesia, yang berkaitan dengan upaya guru dalam membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa kelas 2 SDN Harapan Mulia 02, Jakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat tercapai. Metode penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah pembelajaran di kelas. Pada pra siklus siswa yang tuntas KKM mencapai 30,0% sedangkan siswa dibawah KKM sebanyak 70,0%. Siklus 1 siswa yang tuntas berdasarkan KKM mencapai 79% KKM, dan masih ada sekitar 21% belum tuntas KKM, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan daripada siklus 1 yakni, siswa yang tuntas KKM mencapai 100%. Dengan demikian, Pakem dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

Full Text:

PDF

References


Winarti Sri. 2001. Pembelajaran menulis Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Elmatera.

Wassid Iskandar dan Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Bandung: Rosdakarya.

Yusuf Syamsu dan Nani Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ