PERAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA

Zulfitria Zulfitria

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pentingnya pendidikan agama, Khususnya pembelajaran tahfidz Al-Quran, dan pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan. Penelitian dilakukan di TK HIAMA Kids Bogor melihat peranan pembelajaran tahfidz Al-Quran dilaksanakan sebagai pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk mencari, memperoleh, dan menganalisis data hasil dari observasi yang dilakukan penelitian. Melalui pembelajaran tahfidz Al-Quran mampu menjadi pondasi utama siswa TK dalam pembentukan kepribadian manusia (character building) yang seimbang, sehat dan kuat.

Full Text:

PDF

References


As-Sirjani, Raghib & A. Khaliq, Abdurrahman. 2012. Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an, Solo: PT Aqwam Media Profetika

Al-Qattan, Manna Khalil. 2001. Studi Ilmu-Ilmu Qur'an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Depag RI. Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahannya. 2006. Bandung: Syaamil Al-Qur'an.

Dirjen Pendidikan Luar Sekolah Direktorat PAUD. 2005. Bekal Mendidik Anak Usia Dini, Jakarta.

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Esack, Farid. . 2001. Qur'an Libertion & Pluralism An Islamic Perspective of Interreligion Solidarity against Oppressions, USA: Oneworld Publications.

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung PT Remaja Rosdakarya

Nawawi, Imam. 2009. Syarah & Terjemahan Riyadhus Sholihin jilid 2 .Jakarta: Al-I'tishom.

Qori, M. T. 2008. Cara Mudah Menghafal Al-Qur'an (terjemahan). Jakarta: Gema Insani Press.

Rauf, Abdul Aziz Abdul. 2004. Kiat Sukses menjadi Hafidz Al-Qur’an Dai'yah. Bandung: Syaamil Cipta Media.

Rif'ah, Ummi. 2009. Pedoman Tilawah Al-Qur'an Ilmu Tajwid. Jakarta: Syukur Press.

Syaiful S, 2003. Seni Membaca Al-Qur'an , Surabaya: Galaxy.

Sa'dulloh, 2012. Sembilan Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an. Depok: Gema Insani.

Sujiono, Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeksa.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Yunus, Mahmud. 1999. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.

Zulfitria, 2018. Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Naturalistic-Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2/April/2017. ISSN: 2528-2921. Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar FIP Umtas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ