PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL EKSPOSITORI

Kowiyah Kowiyah, Supriansyah Supriansyah, Erlangga Sakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara penerapan model problem based learning dan model ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 4 Jakarta pada semester 2 tahun pelajaran 2016-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan partisipan berjumlah 30 siswa untuk eksperimen 1 yaitu kelas IV A dan 30 siswa untuk eksperimen 2 yaitu kelas IV B dan diambil denganteknik jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berjumlah 30 soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Data posttest dilakukan uji normalitas menggunakan liliefors diperoleh Lhitung=0,145<0,161=Ltabel yang artinya kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung=1,245<1,858=Ftabel hasil bahwa kedua kelas memiliki varians yang sama. Berdasarkan analisis uji t, diperoleh thitung=3,262>2,002=ttabel yang berarti H0 ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model problem based learning dan model ekspositori.

Full Text:

PDF

References


Charles M. Reigeluth, Alison A. Carr-Chellman. Instructional-Design Theories and Models. New York and London: Taylor and Francis Routledge.

Hanani, Sofyana. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS Bagi Peserta Didik. Universitas IKIP Veteran Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rosda.

Richard I, Arends, Ann Kilcher. 2010. Teaching for Student Learning Becoming an Accomplished Teacher. New York and London: Taylor and Francis Routledge.

Wagner, Tony. 2008. The Global Gap. New York: Basic Book.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ