PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETHIC) DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAM 8 CIPUTAT

Nur Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) dengan model picture and picture terhadap  kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental desigen. Tempat penelitian ini di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat pada semester II tahun ajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yang seluruhnya sampel dalam penelitian ini Data penelitian diperoleh dengan melakukan penelitian yaitu mengadakan tes kemampuan menulis puisi pada kelas eksperimen menggunakan model VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) dan pada kelas kontrol menggunakan model picture and picture. Berdasarkan data yang diperoleh hasil uji normalitas posttest kelas eksperimen yaitu Lo = 0,117 < Lt = 0,157 pada α = 0,05 dan untuk kelas kontrol diperoleh hasil uji normalitas posttest yaitu Lo = 0,087 < Lt = 0,157 pada α = 0,05. kedua sampel tersebut ternyata Lohitung < Lotabel.    Berdasarkan data yang diperoleh dari kedua sampel tersebut ternyata kedua sampel yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung = 1,12 pada α 0,05 dengan dk pembilang 31 dan dk penyebut 31 yaitu 1,82 ternyata Fhitung < Ftabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan uji hipotesis, thitung > ttabel yaitu thitung 3,97 > 1,67 ttabel maka tolak Ho dan Hi diterima. Jadi dapat disimpulkan model VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan model picture and picture dalam pengajaran kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Ciputat.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitia. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Deporter, Bobi. 2007. Quantum Lerning: Membiasakan belajar Nyaman dan Menyenagkan. Bandung : Kaifa.

Farid, Soni. 2015. Apresiasi Dan Proses Kreatif Menulis Puisi. Bandung : Nuansa Cendekia.

Juad, Ihsan. 2012. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sholihin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta : Graham Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ