METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ESAI ARGUMENTATIF

Roslaini Roslaini

Abstract


Menulis esai argumentatif sering terasa sulit bagi mahasiswa. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, penelitian ini mencoba menerapkan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil menulis esai argumentatif. Proses menulis diperoleh melalui wawancara dan pertanyaan terbuka; hasil menulis diperoleh melalui tes tertulis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari postes memperlihatkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap struktur generik esai argumentatif meningkat cukup signifikan. Artinya, metode mind mapping dalam pembelajaran menulis dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif. Hal ini didukung pula oleh jawaban mahasiswa bahwa dengan metode mind mapping mereka merasa lebih mudah menulis esai argumentatif dan lebih terarah dalam mengembangkan ide sehingga dapat menghasilkan tulisan yang lebih padu dan koheren.

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, C. 2001. Language, Culture, and Education. Bandung: Rosda.

Ashford, K. 2013. How to Write An Essay. Ontario: Scribendi.

Buzan, Tony. 2003. The Buzan Skills Handbook. London: BBC.

Newman, J. 2013. Mind Mapping: A complete Guide on How to Deal with Mind Mapping. USA: Speedy Publishing LLC.

Onozawa, Chieko. 2010. A Study of the Process Writing Approach: A Suggestion for an Eclectic Writing Approach. Kyoai Gakuen University http://www.kyoai.ac.jp/college/ronshuu/no-10/onozawa2.pdf

Rijlaasdam, G. 2005. Effective Learning and Teaching of Writing A Handbook of Writing in Education Second Edition. Boston: Springer Science, Business Media.

Seow, Anthony. (2002). The Writing Process and Process Writing in Methodology in Language Teaching, editor Jack C. Richards dan Willy A. Renandya. UK: Cambridge University Press.

Shakoori, Maryam, Parvin Kadivar, dan Reza Sarami. 2017. The Effect of Concept Mapping Strategy as a Graphical Tool in Writing Achievement among EFL Learners. International Journal of Information and Education Technology Vol.7, No.5/May/2017 DOI: 10.18178/ijiet.2017.7.5.894. Department of Educational Psychology of Kharazmi University.

Zemach, D.E. dan Rumisek, L.A. 2005. Academic Writing from Paragraph to Essay. Thailand: Macmillan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ