PENANAMAN NILAI-NILAI KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEJAK DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 24 KAYU PUTIH, JAKARTA TIMUR

Silvie Mil, Kurnia Ary Wibawati

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif yang bertujuan untuk menggali informasi tentang nilai-nilai Kemuhammadiyahan seperti apa yang ditanamkan kepada peserta didik dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat menguatkan pendidikan karakter pada peserta didik yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 24 , Jakarta Timur. Penelitian dilakukan selama enam bulan dengan melakukan wawancara dan observasi partisipatif sebagai metode dalam pengambilan data. Analisis data sendiri dilakukan dengan secara deskriptif dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil studi menyatakan bahwa peserta didik sudah diperkenalkan tentang kata Aisyiyah dan Muhammadiyah; lambang dan bendera organisasi; tujuan organisasi; tokoh pendiri, kota tempat berdirinya; ortom-ortom; amal usaha Aisyiyah dan Muhammadiyah serta mampu berwudhu sesuai dengan himpunan tarjih Muhammadiyah. Penanaman nilai-nilai Kemuhammadiyah tersebut dilakukan melalui peneladanan (modelling), pembiasaan, metode bercerita, tanya jawab, karyawisata, bernyanyi melalui gerak dan lagu dengan tetap berprinsip pada kegiatan pembelajaran yang aktif melibatkan anak serta menyenangkan. Kegiatan ini telah terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan serta menguatkan pendidikan karakter anak khususnya untuk karakter religious, toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab.

Full Text:

PDF

References


Amin, Maswardi Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010.

Bolshunova, Natalia ya & Ermolova, Ekaterina O. 2016. Possibilities of organizing education for preschool children in the forms of children’s sub-culture. Social and Behavioral Sciences 223 hh.377-381.

Brannon, D. 2008. Character education - a joint responsibility. Education Digest, 73(8), hh. 56-60.

Chapman, Alicia M. 2011 "Implementing Character Education into School Curriculum," ESSAI: Vol. 9, Article 11.

Colgan, C. 2003. Making character education work. American School Board Journal, 190(11), hh. 34-35.

Dewantara, Ki Hajar. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977.

Elkind, David H., Fred Sweet, How To Do Character, http://www.goodcharacter.com/Article_4.html

Ferdiawan, Erick & Putra, Wira Eka. 2013.Esq education for children character building based on phylosophy of Javaness in Indonesia. Social and Behavioral Sciences 106, hh. 1096-1102.

Hidayat, Syamsul. Studi Kemuhammadiyahan: Kajian Historis, Ideologis dan Organisatoris. Surakarta: LPID UMS, 2012.

Lickona, Thomas. 2012. Pendidikan Karakter terjemahan Saut Pasaribu. Bantul: Kreasi Wacana Offset.

Pimpinan Pusat Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2011. Pengembangan Al-Islam PAUD Aisyiyah (Kelompok Bermain dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal). Jakarta.

Megawangi, Ratna. 2007. Semua Berakar Pada Karakter : Isu-Isu Permasalahan Bangsa. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Mil, Silvie. 2017. The Effectiveness of the Implementation of Character Education (An Evaluation Research in State Kindergarden, South Jakarta). Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 58, hh. 409-415.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuh, Muhammad. Pembangunan Pendidikan Nasional 2010-2014, Rembuk Nasional Pendidikan 2010. [online]

http://dikti.kemdiknas.go.id/dmdocuments/Rembuknas2010?REMBUKMENDIKNAS-2010-V-2.pdf

Raniyatushafa, Afif Arundina. 2016. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Kemuhammadiyahandi Sekolah dasar Muhammadiyah Alam SuryaMentari, Surakarta 2015. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2016.

Romanowski, M. 2003. Lessons for life. American School Board Journal, 190(11), 32-33.

Shamshikova E.O. 2010. Psycological distance as a special topological category. Sociokulturenye problemy sovremennogo cheloveka Materialy IV Mezhdunarodnoj nauchno-prakticheskoj konferencii, hh. 427-435.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ