PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN TALKING CHIPS TERHADAP KEAKTIFAN BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIA 6 SMA NEGERI 2 BANTAENG

Andi Sukri Syamsuri, Wahyuni Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh teknik pembelajaran talking chips terhadap keaktifan berbicara peserta didik kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantaeng. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dan sampel yang dipilih melalui purposive sampling sebanyak dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 26 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja (praktik diskusi kelompok) dengan memerhatikan beberapa indikator penilaian, yaitu: keberanian, diksi (pilihan kata), kelancaran berbicara, gaya/lagu kalimat, dan keleluasaan materi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui aplikasi SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 59,62 (sangat kurang) dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 94,08 (sangat baik); (2) nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 52,46 (sangat kurang) dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 52,38 (sangat kurang); (3) penggunaan teknik talking chips berpengaruh terhadap keaktifan berbicara peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Bantaeng dapat dilihat dari perbedaan mean rank kelas eksperimen sebesar 39,50 dan mean rank kelas kontrol sebesar 13,50, juga dibuktikan dari nilai Sig atau P Value sebesar 0,000 < 0,05 (uji u), artinya Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan pennggunaan teknik talking chips terhadap keaktifan berbicara peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azis, Ahmad Ridhai. 2016. Keefektifan Media Vidio Komedi dalam Menulis Teks Nekdot Peserta Didik kelas X SMA Negeri 2 Majene. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Barkley, Elizabert E., K. Patricia Cross & Claire Howell Major. 2005. Tenik-teknik Pembelajaran Kolaboratif. Terjemahan oleh Nurlita Yusron. 2012. Bandung: Nusa Pustaka.

Chris-hunt dan Alison Miyake. 2003. “Is Your Classoom Under Control? Dicipline In The Non-Teacher’s Classroom”. (online), (http:// Davidenglishhouse. com/snakes pdfs/winter 2003/features/winter 2003 hunt-miyake.pdf, Diakses 25 Februari 2016).

Ghazali, Syukur. 2013. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa (Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif). Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperatif Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Puspaningtyas, Kurniati. 2012. Peningkatan Model Pembelajaran Kooperative Learning Teknik Talking Chips (Kancing Gemerincing) dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VIII ASMP N 2 Depok. (online). (http://eprints.uny.ac.id/8626/1/1%20-%2008416241011.pdf, Diakses pada 4 Mei 2016).

Razak, Nur Khadijah. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK-SMTI Makassar. Tesis. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Sari, Nur Indah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. (online).(http://aresearch.upi.edu/operator/upload/s_pek_0707514_chapter3.pdf, Diakses pada 4 Mei 2016).

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media Group 1.

Sonia Casal. 2010. “Talking Chips (A Book of Multiple Intelligence Exercise From Spain”. (online). (http://Hlmtmag.co.uk/jul02/teach.htm, Diakses 25 Februari 2016).

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengejar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya..

Sugiyono. 2015a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

________. 2015b. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. S. S.

Tarigan, Djago. 1992. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utomo, Supri Wahyudi. 2007. Penerapan Metode TalkingChips dalam Pembelajaran Kooperatif Guna meningkatkan Prestasi Belajar Kewirausahaan di SMKN 1 Madiun. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Madiun: IKIP PGRI Madiun, (Online). (http://r.search.yahoo.com/_ylt.htm, Diakses 25 Februari 2016).

Yamin, Muhammad. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Yanda, Arif Budi. 2013. Pengaruh Penggunaan Teknik Talking Chips terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas VII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Pilla of Physics Education, (Online), Vol. 1. 2013, 97-103 (http://e-journal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/download/497/ 286Ari, Diakses pada 4 Mei 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ