PENGARUH PENERAPAN METODE PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MURID KELAS V

Fitriah Fitriah, Rubianto Rubianto, Muh Nawir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode probing-prompting terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada murid kelas V SDN No. 135 Palae Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan populasi seluruh murid kelas V SDN No. 135 Palae Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 orang. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu populasi sekaligus sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan tes hasil belajar. Teknik analis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan mean dan persentase dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji t untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan penerapan metode Probing-Prompting terhadap hasil belajar IPS murid di kelas V SDN No. 135 Palae Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Pengaruh penerapan metode probing-prompting dapat dilihat dari tes hasil belajar IPS, yaitu pada pre-test berada pada kategori rendah dan pada post-test berada pada kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode probing-prompting berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS murid kelas V SDN No. 135 Palae Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2000. Pokok-pokok Layanan Bimbingan Belajar. Makassar: UNM Makassar.

Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), 2006. MatapelajaranIPS untuk tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Haling, Abdul. 2004. Belajar Pembelajaran (Suatu Ringkasan). Hand Out. Makassar: Universitas Negeri Makassar FIP UNM Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu TEMATIK Teori Praktik dan penilaian. Alfabeta: Bandung.

Mappasoro. 2007. Evaluasi Pengajaran. FIP UNM.

Pada, Amir.2008. Materi Kuliah Ilmu Pengetahuan Sosial. UPP PGSD Parepare FIP UNM.

Sapriya. 2015. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Saidiharjo. 2006. Cakrawala Pengetahuan Sosial 5, Jakarta : Tiga Serangkai.

Siswanto, Wahyudi & Ariani, Dewi. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: PT. Refika Aditama.

Somantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumaatmadja, Nursid. 2007.Konsep Dasar IPS, Jakarta: Penerbit UT.

Sumartono. 2000. Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tata Usaha SDN No. 135 Palae Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

Trianto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Prestasi Pustaka Raya.

Usman, Muh. Uzer. 2013. Menjadi Guru yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, Bambang. 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Sulita Bandung.

Lutfiyah, Attikah. 2011. “Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup SD dan IPS ”. http://luthfiyyah.blogspot.com/2011/02/pengertian-isd-ilmu-sosial-dasar-isd_18.html, diakses tanggal 22 Januari 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Indexed By:

  gs   

Powered by Puskom-UMJ